Saturday, January 8, 2011

pola tidur..

antara kebiasaan dan kondisi ideal…

HEEM..berapa jam sih waktu tidur yang baik?? Abis aku ngerasa waktu tidurku terlau lama, kayak bayi aja..kadang ngiri sama temen2 kuk bisa ya mereka tidur  cuma 4-5 jam perhari tanpa teganggu rasa ngantuk disiang hari padahal aku biasanya tidur lebih dari 5 jam. Kalo kurang dari itu kemungkinan besar laah pasti ngantuk dikelas ..jadi gak ngerti dosen jelasin apa, parahnya lagi kalo diliatin temen n dijadiin bahan tertawaan.hahaa..ngantuk dikelas tuw hal paling ngak enak seduniaa hahaa lebai..kalo nanya ke temen2  jumlah jam tidur dan pola tidur  mereka relative berbeda. Hem setau aku kalo kurang tidur tuw gak baik buat kesehatan tapi gimana sama orang2 sibuk dan sukses yang rata-rata bisa  tidur kurang dari 7 jam?

Sulit juga buat ngatur pola tidur yang baik, jam berapa harus tidur, jam berapa bangun,,kalo uda nguaaap dan ngantuk gak tetahankan tanpa ba bi bu be bo blegg ..fiuuh
Yuphy,rasa-rasanya  butuh pengetahuan ney buat mengatur tidur biar berkualitas hehe.. Nah ini ada  sepenggal artikel dari beberapa sumber sebagai bahan  pertimbangan bagaimana sebaiknya mengatur tidur..
" Mitos : Saya akan baik-baik saja jika hanya tidur selama 4 atau 5 jam
Fakta : Memang betul ada orang-orang yang jumlah jam tidurnya hanya sedikit, yaitu hanya 4 atau 5 jam tidur di malam hari. Hal ini terkait dengan profesi orang tersebut.
Sebagian besar orang membutuhkan tidur selama 6-8 jam. Sehingga kecil kemungkinannya jika seseorang tidur dalam waktu yang relatif singkat tanpa mengalami gangguan kesehatan.
Tak jarang, pada hari libur kita bangun lebih siang dari biasanya. Jam biologis manusia dimulai saat bangun tidur. Jika jam biologis terganggu atau bergeser, akan mengganggu jam tidur berikutnya. Jam tidur manusia hanya boleh bergeser plus/minus 1 jam.
Misalnya, Anda setiap hari bangun jam 5. Jika ingin bangun lebih siang, tidak boleh lebih dari jam 6. Jika malamnya Anda begadang, sebaiknya tak bangun terlambat atau lebih dari jam 6.
Demikian juga sebaliknya. Jika terbiasa bangun jam 5 dan pada suatu ketika ingin bangun lebih awal, paling tidak Anda bangun jam 4. Tidak kurang dari jam 4. Kompensasinya, untuk mengganti waktu tidur yang kurang, Anda bisa tidur lebih awal atau tidur siang sebentar (tak lebih dari 30 menit).
Lama jam tidur sebenarnya relatif. Ahli di Jepang pernah melakukan penelitian dan membuktikan bahwa orang yang tidur 6-8 jam sehari, umurnya lebih panjang. Pada kenyataannya, tak sedikit orang dengan jam tidur sedikit atau tidur lebih lama, tetap sehat. "
 INILAH.COM, Jakarta - Ilmuwan tak dapat mengatakan dengan tepat berapa banyak kebutuhan tidur setiap orang. Tapi ada beberapa pedoman yang Anda harus tahu.Yang harus diingat, tidur kurang dari enam atau tujuh jam dalam satu malam berkaitan dengan risiko tekanan darah tinggi, hipertensi, obesitas, diabetes dan kanker.Tapi seberapa besar peran tidur pada kesehatan dan berapa banyak kebutuhan tidur setiap orang, masih merupakan misteri. Beberapa penelitian memberi kesan bahwa orang tua bisa tidur lebih sedikit.
Penelitian dilaporkan dalam jurnal Current Biology pada 2008 menemukan kebutuhan tidur ini. Ketika diminta tinggal di tempat tidur selama 16 jam dalam gelap setiap hari selama beberapa hari, peserta muda rata-rata tidur 9 jam. Sementara orang tua selama 7,5 jam menutup-mata. Dan studi pada 1 Februari 2010 di jurnal Sleep menyimpulkan orang tua membutuhkan tidur lebih sedikit.
Beberapa pedoman umum dari Mayo Clinic tentang berapa banyak tidur yang dibutuhkan adalah anak-anak prasekolah 11 jam, anak usia sekolah 10 jam , remaja 9 jam, dewasa: 7-8 jam, orang tua 7-8 jam. "
http://teknologi.inilah.com/read/detail/1028052/berapa-jam-tidur-yang-baik

Hem berrati paling nggak aku butuh 7-8 jam untuk tidur, yihaa.. pada dasarnya  emang sebanyak itu jam tidurku, nah ada lagi atikel tips ampuh craa tidur yang bailk…semoga bisa dipahami dan diaplikasikan menjadi sebuah  kebiasaan


Berikut tips ampuh cara tidur yang baik adalah seperi dibawah ini
1. Jumlah jam tidur ideal
Bagi kebanyakan orang, jumlah jam tidur yang ideal adalah tujuh sampai sembilan jam per hari. Bagi banyak orang bahkan lebih memerlukan tidur selama sembilan jam daripada tujuh jam.
Hem,yang mempengaruhi waktu jam tidur berbeda apa ia? Kondisi fisik, aktivitas,?
2. Tidur lebih awal.
Biasakan tidur sebelum jam 11 malam, karena kebanyakan sel-sel tubuh melakukan fungsi perbaikan dan pemulihan pada jam-jam 11 malam s/d 1 dini hari. Misalnya, empedu menetralkan racun selama periode ini. Jika anda terbangun, maka racun akan kembali ke hati, yang kemudian akan dialirkan kembali ke dalam sistem peredaran darah.
Untung aja sebelum jam 11 biasanya udah tidur,,selamat  dari serangan racun,tapi kadang  tersadar jam 1 ,,wah  racunya udah selesai dinetralin belum yaaaa  . wak serem juga kalau racun yang belum dinetralkan menyebar ke seluruh tubuh,,hiiii…hayoo yang suka begadang ampe tengah malam untuk  hal yang kurang bermanfaat ,dikurangi kebiasaannya jangan jadi makhluk malam haha ^_^..risikonya gak main-main.
3. Ritme tidur yang tetap.
Biasakan tidur dan bangun di waktu atau jam yang sama dalam setiap harinya. Ini akan membantu tubuh Anda untuk memiliki ritme tidur dan membuatnya lebih mudah untuk tertidur dan bangun di pagi hari.
untuk tidur dan terlelelap sih gampang,tinggal rebahkan badan di tempat tidur... tapi ritme tidur yang tetap emang bikin lebih gampang bangun pagi hari,,tiba-tiba aja udah melek  secara alamiah haaha dan merasa harus bangun.
4. Biasakan tidur dalam keadan gelap.
Ketika cahaya mengenai mata anda, ini akan mengganggu irama sirkadian dari kelenjar pineal dan produksi melatonin dan serotonin, hal ini tentu saja dapat mengganggu kualitas tidur anda. Anda dapat mematikan lampu kamar, atau menggunakan lampu redup, atau tidur dengan penutup mata.
melatonin ,serotonin apa yaa?gunannya terkait kualitas tidur buat apa?” haa ada yang tau?
“ hormon kebahagiaan kayaknya..
5. Hindari makan sesaat sebelum tidur
karena proses pencernaan dapat mengganggu tidur. Selain itu, makan biji-bijian dan gula akhirnya dapat menyebabkan hipoglikemia (gula darah rendah), yang dapat menyebabkan kelaparan dan gangguan tidur.
6. Hindari nonton TV sebelum tidur.
Bahkan lebih baik lagi tidak menempatkan TV di kamar tidur. Tayangan TV merangsang ke otak, yang mengganggu kelenjar pineal, sehingga dapat menyebabkan sulit untuk tidur atau tidur dengan kualitas baik. Hal yang sama berlaku untuk menghindari kebiasaan membaca ‘buku serius’ sebelum tidur. Jika Anda membaca sebelum tidur, pilihlah buku-buku yang santai dan damai seperti literatur spiritual.
waha justru setelah membaca buku serius kayak buku kuliah atau jurnal malah bikin  aku ngatuk dan ketiduran,,wehee "
7. Pakailah kaos kaki ketika tidur.
Karena kaki memiliki sirkulasi darah yang sedikit, jika anda kedinginan di malam hari, maka kaki cenderung akan merasa kedinginan lebih dulu, hal ini dapat mengganggu tidur Anda.
iyaa seey, terkadang kaki terasa  paling kedinginan..”
8. Hindari penggunaan jam beker atau alarm keras untuk membangunkan anda.
Hal ini bisa membuat badan anda sangat stres karena terbangun secara tiba-tiba oleh suara keras. Idealnya, Anda harus tidur sampai tubuh Anda secara alami terbangun. Jika Anda memerlukan alarm, gunakan simulator cahaya matahari, yang memancarkan cahaya secara bertahap sampai intensitas penuh selama 45 menit, sama seperti matahari pagi. Terbangun secara perlahan secara alami tidak akan memicu adrenalin anda.
gyahaaa..sering banget pake jam weker,terkadang emang langsung bangun karena kaget,tapi emang sengaja biar bisa bangun karena alasan mengerjakan tugas kuliah atau laporan
9. Jika tidur, usahakan anda tidak dapat melihat jam.
Jika anda mengalami sulit tidur, kehadiran jam dapat menimbulkan kekhawatiran dan membuat anda terus terjaga menatap waktu.

10. Jika anda tidur dengan banyak yang di pikirkan, mungkin bisa diatasi dengan menulis di buku harian sebelum anda pergi tidur.Tuangkan semua yang ada dalam pikiran anda ke dalam kertas untuk menjernihkan pikiran Anda.

11. Tidurlah dengan suhu kamar yang membuat anda merasa nyaman dan jaga agar suhu tetap konstan jika suhu berubah lebih dingin atau lebih hangat dari itu dapat mengganggu tidur anda.

12. Makanlah makanan yang mengandung protein tinggi, beberapa jam sebelum tidur.
Hal ini dapat memenuhi kebutuhan L-triptofan untuk memproduksi melatonin dan serotonin. Mengkonsumsi buah-buahan juga dapat membantu triptofan melancarkan aliran darah ke otak.
Oug   protein ia? Triptofan kalau gak salah  jenia asam amino berati melatonin dan serotonin   berhubungan dengan metabolisme protein. Sedikit memberi penjelasan  point 4.

13. Penggunaan obat, baik resep dokter maupun obat bebas dapat memiliki dampak negatif pada tidur anda.Jaga agar penggunaan obat hanya jika benar-benar diperlukan saja.

14. Hindari kafein dan zat perangsang lainnya
karena dapat memiliki efek stimulasi yang tahan lama pada sistem saraf.
minum kopi yang tinggi kafein punya efek stimulasi siistem saraf dan bikin tahan melek,tapi ada juga tuw orang yang uda muinum kopi tetap ngantuk, mugkin toleransi tubuh terhadap kafein tiap orang beda..mungkin tergantung dari kebiasaan minum kopi  hoo.
15. Hindari konsumsi alkohol.
Meskipun alkohol akan membuat orang mengantuk, efeknya dapat membuat anda sering terbangun beberapa jam kemudian, dan anda akan sulit untuk bisa tidur kembali.

16. Hindari makanan yang sensitif bagi anda
karena mungkin memiliki efek negatif pada tidur anda.

17. Jika Anda cenderung terbangun di malam hari untuk buang air kecil,
jangan minum dalam waktu 2 jam sebelum tidur.

18. Jika memungkinkan, cobalah mandi air panas, shower atau sauna selama sekitar 30 sampai 60 menit sebelum anda tidur.Panas memiliki efek relaksasi pada tubuh.
hah kayaknya yang ini perlu dicoba..”
19. Jangan membawa pekerjaan ke tempat tidur atau kamar tidur anda.
Jika Anda melakukannya, Anda mungkin menemukan lebih sulit untuk memisahkan dari aktivitas kerja ketika mencoba untuk tidur.

20. Olahraga dapat membantu menghilangkan stres dan membersihkan pikiran anda,
tetapi berolahraga akan menghasilkan energi pada tubuh, oleh karena itu jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.

21. Rileks sebelum tidur.
Bagi beberapa orang, mendengarkan suara alam, seperti curah hujan, atau gelombang laut, dapat menimbulkan perasaan tenang. Anda dapat mendengarkan tiruan suara alam dan mungkin akan membuat cepat tertidur. Anda juga dapat rileks misalnya dengan melakukan meditasi atau yoga. Musik yang lembut juga dapat membantu anda tenang.

22. Tidur di tempat tidur yang nyaman.
Jika kasur anda melengkung, bersuara berderit, atau jika anda bangun dengan tubuh pegal atau sakit punggung, sudah waktunya untuk membeli kasur baru. Hindari waterbeds, karena kasur jenis ini tidak baik bagi tulang belakang anda

http://baru2.net/tips-ampuh-cara-tidur-yang-baik.html

hem kebiasaan buruk sebelum tidur harus segera dikukus abis eh dikikis abis sebelum mengakar mpe tua,mumpung masih muda mulai dengan kebiasaan yang baik agar sentiasa sehat,segar dan bugar yihaaaaaa.....


No comments: