Wednesday, November 10, 2010

Filateli, hobi masa kecil





Melongok masa kecil..
Gak kerasa waktu begitu cepat berjalan meninggalkan kenangan masa lalu..  bisa dibilang sekarang aku udah menginjak umur belasan bentar lagi kepala dua..fiuuuhhh..padahal seperti baru kemarin aku bermain-main dan manja di pangkuan ibu..


Masa kecil memang masa yang paling menyenangkan, tanpa beban tanpa tanggung jawab,semuanya tampak ringan ,.bebas berangan tentang masa depan. Masa kecil udah berakhir, smuanya harus ditinggalkan  demi menuju masa yang lebih menantang.


Tapi masa kecil pasti tetap membekas dalam jiwa karena  kepribadian dan karakter  terbentuk mulai dari kecil. Arrg..mencoba mengingat kembali masa kecilku..bocah kecil  berambut pendek berkulit putih berpipi gembul hahaaa lucu dan imut pastinya geheheeee sekarang juga masih gitu xexee


Benda dan kenangan yang masih ada  adalah foto..gemes juga ngeliat wajah kecil yang polos haaa
Kemarin kamarku dibongkar,aku menelisik barang-barang yang ada. Ada beberapa barang masa kecil yang tersisa, barang zaman SD ,SMP masih saja aku simpan. 
Wahaa..aku menemukan sebuah album perangko berwarna kuning yang kondisinya masih bagus..hem kembali menelusuri  jejak masa lalu. Aku lupa mulai kapan aku gemar ngumpulin perangko,kayaknya sih mulai SD. Awalnya suka koleksi perangko karena gambarnya yang unik, nah waktu itu kalo gak salah emang lagi ngetren koleksi perangko di kalangan temen-temenku. Nah, jadi keterusan suka kumpulin perangko, awalnya ya cuma punya perangko bekas  surat yang dikirim ke keluargaku. Saking pengenya kumpulin perangko, aku minta ke ibuku  buat nyimpen perangko  yang beliau punya atau mintai perangko dari temen beliau… heeee. Lama-lama makin nambah deh koleksinya..mualai tuker-tukeran perangko ma temen-temen. Yuhuuy..


Rasanya seneng banget bisa kumpulin parangko, bisa liat gambarnya yang bagus dan unik, perangko yang gak Cuma dari Indonesia tapi juga dari maca Negara. Dari perangko aku bisa melihat adanya perbedaan gambar, tulisan, design dari setiap perangko. Perangko gak sekedar  bukti biaya pos, tapi bisa juga jadi sarana  untuk menyampaikan pesan mengenai berbagai kepentingan masyarakat. Lewat gambar dari perangko bisa tau sejarah dan budaya Indonesia. Nama dan gambar presiden, perjalanan sejarah Indonesia kayak PELITA dan berbagai event atau kegiatan kayak Sea Games,  . bisa tau nama –nama tempat wisata, jenis tarian, alat music ataupun tradisi di Indonesia.  Hem, bisa tau juga binatang, tanaman yang ada di Indonesia. Perangko bisa jadi wahana edukatif.








Setiap Negara pasti punya cirri khas perangkonya, dulu favoritku perangko dari Amerika atau Inggris, gambarnya lucu, warna-warni,dan gak trllau formal. Yang paling khas tuw dari cina, tulisan dan bentuk bangunanya unik banget, nah, dari perangko, secara tidak langsung bisa tau sedikit tentang  budaya dan peradaban Negara lain.


Hem..mengunpulkan perangko bisa jadi hal yang bermanfaat, selain itu juga ngelatih diri kita biar teliti, telaten dan sabar.
Hemm apa lagi yaa..bisa buat mainan teka-teki dan puzzle kali yaaa,, ngurutin tahun pembuatan, terus seri atau tema yang sama, menguruttkan kejadian yang termuat diperangko..belajar menganalisa dan mengkasifikasikan bermacam perangko.. heeeuuu


Wah, dizaman serba cepat dan modern kayak gini, kayaknya kirimikiriman surat lewat pos pake perangko udah dirasa ketinggalan zaman. Kantor pos jadi sepi pengirim surat, kotak-kotak pos udah gak [ernah dibuka dan diperhatikan keberadaanya. Kotak berwarna orange Cuma jadi pajangan yang gak bermakna. Heemm, prihatin juga.. Walau gitu tapi  masih ada kuk orang yang tetep setia kirim-kirikam surat, pelestari budaya pos heeeuuu.


Makin berkurangnya pengguna jasa pengiriman surat lewat pos ya salah satunya karena adanya cara yang lebih cepat dan murah, kayak sms..tapi gimanapun juga perasaan ketika menulis sms dan surat pasti beda.  Menulis dengan tulisaan dan coretan tangan sendiri lebih punya makna berarti bagi diri sendiri dan orang yamg membacanya..


Hem..pelajaran SD sekarang ada gak ya cara menulis surat  sabahat pena..hohooo,masih ada gak ya yang suka kumpulin perangko..
Kalo waktu SMP dulu, ada loh eskul filatelis, mungkin sekarang uda gak ada lagi karena minim peminat


Koleksi perangko yang tinggal sedikit akan tetap ku simpan dan kelak ..ceileee.. akan ku wariskan buat anak cucu ehehe..mendongengi mereka akan makna dalam setiap gambar diperangko, membuat mereka  bangga mencintai tanah air Indonesia..





No comments: