Saturday, October 16, 2010

jalan-jalan ke monjali...



sabtu yang laluuuuuuuuuuu  aku berkesempatan mengunjungi salah satu monomen Perjuangan di Jogya. monumen ini unik banget bentuk bangunanya,Monjali  terletak di Dusun Jongkang, Kelurahan Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kapubaten Sleman


dari jalan udah  bisa keliatan .Kalo berangkat kuliah hampir tiap hari lewat..tapi baru kemaren bisa ke sana lagi setelah sekian lama gak maen ke sana. monumen Jogja kembali emang khas dengan bentuk bangunan kerucut ,yaa kayek bentuk topi ulang tahun gitu..kayak gunung,, kayak tumpeng ,konon katanya bentuk bangunan itu menjadi perlambang kesuburan ,mempunyai makna melestarikan budaya nenek moyang pra sejarah.(sumber : yogyes.com)
Monumen ini disingkat Monjali,wihuuy..tempat yang pas buat wisata sejarah dan menengok perjuangan pahlawan jaman dulu,,banyak muatan sejarah perjuangan. lagi pula karcis masuknya murah, cuma
5 ribu .. Jaman aku kecil berapa ya bayarnya? uda lupa... begitu masuk hal  pertama yang diliat tuw pesawat, ada juga tank meriam..hem kendaraan perang tuw.  wah hari Sabtu pengunjung Mojali gak banyak..paling cuma ada nak kuliahan yang jalan-jalan.
 eheeemulai beraksi ney..keluarkan kamera dan segera bergaya haha..








oke bergegas memasuki ruangan aja..sepertinya dari dulu gak berubah kondisinya.Di sekeliling bangunan ada kolam, tapi sayangnya airnya keruh.
coba kalo airnya jernih pasti seger keliatanya apalagi di tambah ada air mancuur..huuu pengen njebur..
bergerak menuju lantai 2, disini ada diorama, gambaran rekaman sejarah yang diperagakan manusia tak bernyawa alias patung,ada tentang perjanjian rum Royen,konsolidasi Jenderal Sudirman,Sri Sultan,n ada replika banyak tokoh kayak M.Hatta,Suekarno ,edukatif banget laah. Baru menikmati keasyikan dan kesenangan ini tiba-tiba terdengar suara cekikian ..(bukan hantu yaa)
weduuu..kuk ada suara bocah pada ketawa ney..gubrak..ada 2 bocah yang lagi ngeliatin diorama. Spontan aku nanya, "kuk gak sama orang tuanya,dek?"
kata mereka,"gak". gileee ni bocah berani amat..setelah tanya-tanya eealahh ternyata mereka udah sering ke sini, rumahnya deket juga. hahaag..lumayan bisa dijadiin pemandu jalan ney..2 bocah itu cerewet juga, uhuuy,namanya yoga n raihan

Baru jalan bentar..eh uda ampe tempat tadi pas mulai masuk..si bocah langsung naik,ikut aja..waaa ada ruang ,letaknya paling atas jadi bisa liat bentuk kerucut mpe mentok ujungnyaloteng hoho. ihh uniknya, di bagian atas ada gambar tangan yang super gedee. Tangan siapa ituuu?. wah asyeeek ada lift langsung turun aah (kebiasaan di kampus gak memanfaatkan anak tangga)
..tapi ternyata eh ternyata
liftnya mati..arrggh rencanya mau hemat tenaga, lagi puasa ney..fiuuuh. Kayaknya uda lama liftnya rusak,pas ngisi daftar tamu, banyak yang kasih komen tentang lift yang rusak n AC yang mati.iihh..




 wokey..lanjutkan ekpedisi ke museum. waa di dinding luar ada kayak reliefnya juga, mantabb dech .heuum,, suasanya sepi krik krik. wah si bocah mulai berulah megang patung, masuk areal yang dilarang..gawaat bisa -bisa kalo ada yang rusak aku yang suruh tanggung jawab...tidaaaak.
gantian aku ney yang cerewet..."aduuuh dek jangan kesitu gak boleh", "awas looh kalo rusak", wuuuduw jadi stres. Pas lagi foto-foto juga digangguin ..dasar bocah..
sabar...lagi puasa
yaudah nikmati aja,,wahaa semakin lama semakin terpana..ada banyak peralatan perang yang dipajang mulai dari pistol kecil, senapan,granat,ada juga HT yang gueede n macem-macem laah.
hem ada tandu yang dulu di pake Jenderal Besar Sudirman..OMG..gak kabayang pimpin perang sambil ditandu,,Hebat dah. wahaa ada replika kapal  juga bahkan ada merpati pos.komplit cey..



2 bocah yang mulanya menyenagkan jadi menyebalkan..kayaknya harus ngabur. Ngabur pertama  gak berhasil, ngabur ke dua gagal total.. yaudah mau gak mau  berkelilinb dengan ditemani
kedua bocah itu. Yuph dah dapet stetengah putaran. istirahat dulu..foto dulu ma pak Teku Umar . Olala..sepertinya si bocah keasyikan maen,hem lagi lengah mereka..saat tepat untuk kabur haha
langung lari ke ruang...n sembunyi di balik meja. waahaa panas banget..gapapa lah sebentar aja demi terlepas dari belenggu bocah tengil itu huhuuu.
"wak kemana ya mbak2nya?", kata bocah itu.Aku n temenku ketawa ketiwi ndengernya..siiph gag ketauan. strategi yang JOs.
akhirnya bisa keluar dari persembunyian..gag ada penganggu lagi..bisa tenang dan  menyelami isi museum yehee

sampe pulang uda gag ketemu lagi ma bocah tengil itu,,selamat tinggal yoga dan raihan..makasih ya..maafin aku juga tega meninggalkan kalian..
semoga kalian bisa jadi anak yang pintar, berguna bagi nusa bangsa, eheeeee..piz iaa


 hem berjalan-jalan di museum merupakan hal menyenagkan. Salah satu wahana edukasi murah yang bisa memberi gambaran  dan visualiasai tentang sejarah agar generasi muda tidak melupakan sejarah.
agar tidak mengulang sejarag kelam dan dapat memotiviasi untuk membangun Indonesia menjadi negara mandiri dan  kuat. kemerdekaan dan upaya mempertahankan kemrdekaan
telah menumpahkan banyak darah pejuang, jadi jangan sia-siakan waktu sekarang untuk hal tak berguna.Kawula muda harus mempunyai semangat juang tinggi
seperti pahlawan. kita sama, sama-sama seorang pejuang. mereka berjuang dengan raga, kita berjuang dengan ilmu dan pengetahuan.
jangan pernah lupakan sejarah.. jangan hanya dikenang..tapi belajarlah dari sejarah, jadikan pembelajaran..

No comments: